Lesson
Plan J. (Chapter 12 : Investigating Ecological Relationships), page 247
Mengamati Keberadaan Hewan dan Tumbuhan
Tujuan isi : Anak-anak
akan menyatakan bahwa populasi tumbuhan dan hewan dapat diperkirakan dengan pengambilan sampel dan
bahwa banyak organisme yang berbeda di lingkungan
kita.
Tujuan Keahlian : Para siswa
diharuskan untuk melakukan pengamatan dengan mengambil sampel dari populasi
yang besar, untuk mengkomunikasikan pengamatan mereka secara verbal kepada
orang lain, dan menyimpulkan bahwa ada keragaman dalam makhluk hidup.
Bahan : Sepuluh
gantungan baju kawat dibuat menjadi lingkaran, pensil dan kertas
Evaluasi : Interaksi verbal siswa,
kerja kursi keterampilan pemecahan masalah kelompok siswa, dan sketsa.
Gambar 12-3 =
Pengambilan Sampel Populasi Besar
Prosedur
Siapkan sepuluh dari
dua belas simpai dari gantungan baju kawat. Masing-masing
kelompok menyiapkan dua atau tiga anak dengan lingkaran dan
membawa mereka ke lapangan terdekat atau tanah kosong. Mintalah masing-masing
kelompok melemparkan lingkarannya ke udara, pergi ke tempat ia mendarat, dan
dengan hati-hati menghitung dan menggambarkan semua hal yang hidup dan tidak
hidup dalam lingkaran itu (Gambar 12-3). Seorang siswa
harus menyimpan catatan pengamatan mereka secara hati-hati. Jika mereka
menemukan sesuatu yang tidak dapat mereka sebutkan, mereka harus membuat sketsa
yang kasar. Setiap kelompok harus mengulangi proses penghitungan beberapa kali
di bagian yang berbeda dari lapangan, mengidentifikasi dan menghitung setiap
benda hidup dan benda mati. Kembali di kelas, mintalah beberapa siswa
mempresentasikan temuan mereka. Guru dapat menyimpulkan pengalaman itu dengan
mengajukan pertanyaan seperti: “Apakah Anda merasa kami cukup tahu hal-hal apa
yang hidup dan tidak hidup di lapangan? "Karena kita tidak mengamati
setiap bit dari bidang, bagaimana
kita bisa mengatakan ini? Bisakah kita menebak "
Bagaimana, hal-hal berbeda yang kita temukan? " "Apa yang mungkin
kita simpan tentang berbagai hal di lingkungan kita?
Kajian Konsep
Secara
umum Lingkungan adalah kombinasi
antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah,
air,
energi surya,
mineral,
serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan
kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana
menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi
segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan
kehidupan manusia. Sejalan dengan itu, manusia diciptakan sebagai salah satu
mahkluk hidup sosial dan dituntut untuk berkemban dan berfikir. Maka dari itu,
disini siswa diajarkan sedari dini untuk berfikir dan mengamati lingkungan
sekitar, dengan menggunakan uji coba seperti yang diatas yaitu, siswa membuat
sebuah lingkaran yang terbuat dari gantungan pakaian, setelah itu siswa
melemparnya disuatu hamparan tanah, dan siswa mengamati apa yang terdapat di
dalam lingkaran itu baik berupa kondisi fisik alam maupun makhluk hidup yang
ada dilingkaran itu, siswa mengamati dan mencatat makhluk hidup yang ada
dilingkaran itu, seperti rerumputan dan serangga serta menggambar benda yang
sekiranya abstrak yang termasuk dalam lingkaran tersebut. Setelah itu buat
kesimpulan berkenaan dengan hasil pengamatan dan siapkan perwakilan kelompok
untuk menjelaskannya di depan kelas.
Comments
Post a Comment