BAHAN
AJAR
TEMA
2 KEGEMARANKU
SUBTEMA
1 GEMAR BEROLAHRAGA
KELAS : 1 (SATU)
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR :
PKN
3.2 Mengidentifikasi
aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah.
4.2 Menceritakan
kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah.
BAHASA INDONESIA
3.5 Mengenal
kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar,
tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.5 Mengemukakan
penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa
Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah.
MATEMATIKA
3.4 Menjelaskan
dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan
cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan
dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan
masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
INDIKATOR :
PKN
3.2.1 Mengenali
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan tepat.
3.2.2 Menentukan
hal-hal yang boleh dilakuan dan tidak boleh dilakukan dalam kehiudpan
sehari-hari di rumah dengan tepat.
4.2.1 Menjelaskan
kegiatan dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan
tepat.
4.2.2 Mencontohkan
kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dengan benar.
BAHASA INDONESIA
3.5.1 Mengelompokan
kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar,
tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.5.2 Menyelesaikan
kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar,
tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.5.1 Memahami
penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa
Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah
4.5.2 Mengkreasikan
penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa
Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah.
MATEMATIKA
3.4.1 Menghitung
penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dengan teknik tanpa
menyimpan dan dengan bantuan benda konkret.
3.4.2 Menganalisis
masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan.
4.4.1 Membuat
cerita penjumlahan dari pengalaman dalam kehidupan sehari-hari
4.4.2 Memecahkan
masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
PKN
3.2.1.1 Melalui
diskusi siswa dapat mengenali aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah dengan benar dan tepat.
3.2.2.1 Melalui
demontsrasi siswa dapat menentukan hal-hal yang boleh dilakuan dan tidak boleh
dilakukan dalam kehiudpan sehari-hari di rumah dengan tepat.
4.2.1.1 Melalui
kegiatan tanya jawab menjelaskan kegiatan dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dengan tepat.
4.2.2.1 Melalui
pengamatan di kelas siswa mampu mencontohkan kegiatan sesuai dengan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
BAHASA INDONESIA
3.5.1.1 Melalui
gambar siswa mampu mengelompokan kosakata tentang cara memelihara kesehatan
melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau
eksplorasi lingkungan dengan baik dan benar.
3.5.2.1 Melalui
diskusi kelompok siswa mampu menyelesaikan kosakata tentang cara memelihara
kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)
dan/atau eksplorasi lingkungan dengan benar dan tepat.
4.5.1.1 Melalui
Pemaparan diskusi kelompok siswa mampu memahami penjelasan tentang cara
memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan
dibantu dengan bahasa daerah dengan benar dan tepat
4.5.2.1 Melalui
praktik siswa mampu mengkreasikan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan
dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa
daerah dengan benar dan tepat.
MATEMATIKA
3.4.1.1 Melalui
media pembelajaran berbasis kelereng siswa mampu menghitung penjumlahan dua
bilangan yang hasil maksimalnya 10 dengan teknik tanpa menyimpan dan dengan
bantuan benda konkret dengan benar dan tepat.
3.4.2.1 Melalui
praktik penjual dan pembeli siswa mampu menganalisis masalah sehari-hari yang
melibatkan pengurangan dengan benar dan tepat.
4.4.1.1 Melalui
kegiatan penugasan di perpustakaan siiswa mampu embuat cerita penjumlahan dari
pengalaman dalam kehidupan sehari-hari dengan benar dan tepat.
4.4.2.1 Melalui
diskusi siswa dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan penjumlahan dengan benar dan tepat.
Untuk lebih lanjutnya silahkan Download Bahan Ajar Tema 1 (Diriku) Subtema 2 (Tubuhku) Di Link di bawah ini
DOWNLOAD FILE
Baca Juga :
Bahan ajar kelas 1 semester 1 Tema : 3 Pembelajaran 3
Bahan Ajar Kelas 1 Tema 4 Keluargaku
Bahan Ajar Tema 1 Hidup Rukun Subtema 1 Hidup Rukun Di Rumah Pembelajaran 3
Baca Juga :
Bahan ajar kelas 1 semester 1 Tema : 3 Pembelajaran 3
Bahan Ajar Kelas 1 Tema 4 Keluargaku
Bahan Ajar Tema 1 Hidup Rukun Subtema 1 Hidup Rukun Di Rumah Pembelajaran 3
Comments
Post a Comment