Tema :
1. Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Subtema : 1. Perkembangbiakan
dan Daur Hidup Hewan
Pembelajaran :
4
A. Kompetensi
Inti
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi
dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat
hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang
konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
PPKn
3.2 Mengidentifikasi
kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.
4.2 Menyajikan
hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga
sekolah.
C. Indikator
Bahasa Indonesia
3.4.8
Mengidentifikasi
daur hidup katak.
3.4.9
Menyimpulkan
proses daur hidup katak.
4.4.7
Menuliskan
tahapan daur hidup katak.
4.4.8
Menjelaskan
daur hidup katak.
PPKn
3.2.3 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai
anggota
keluarga.
3.2.4 Menjelaskan kewajiban dan hak sebagai anggota
keluarga.
4.2.3 Membedakan kewajiban dan hak sebagai anggota
keluarga.
4.2.4 Melaporkan hasil identifikasi kewajiban dan hak
sebagai anggota
keluarga.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui
permainan siswa dapat, mengidentifikasi daur hidup katak dengan baik.
2.
Melalui
diskusi siswa dapat, menyimpulkan proses daur hidup katak dengan benar.
3.
Melalui
penugasan siswa dapat, menuliskan tahapan daur hidup katak dengan baik.
4.
Melalui
pengamatan siswa dapat, menjelaskan daur hidup katak dengan baik.
5.
Melalui
diskusi siswa dapat, mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota
keluarga dengan baik.
6.
Melalui
diskusi siswa dapat, menjelaskan kewajiban dan hak sebagai anggota
keluarga dengan baik.
7.
Melalui
diskusi siswa dapat, membedakan kewajiban dan hak sebagai anggota
keluarga dengan baik.
8.
Melalui
unjuk kerja siswa dapat, melaporkan hasil identifikasi kewajiban dan hak
sebagai anggota
keluarga dengan baik.
E. Materi
Pembelajaran
1. Bahasa
Indonesia
Kosakata
daur hidup katak.
2. PPKn
Hak
dan kewajiban sebagai anggota keluarga.
Untuk selengkapnya silahkan download di bawah ini!
Comments
Post a Comment