BAHAN
AJAR
TEMA
1 HIDUP RUKUN
SUBTEMA
1 HIDUP RUKUN DI RUMAH
PEMBELAJARAN
3
SATUAN PENDIDIKAN : SDN PAKUAN BOGOR
KELAS : 1 (SATU)
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR :
BAHASA INDONESIA
3.1
|
Merinci
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
|
4.1
|
Menirukan
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan
bahasa yang santun.
|
MATEMATIKA
3.1
|
Menjelaskan
makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat
dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya.
|
4.1
|
Membaca
dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret.
|
SENI BUDAYA dan PRAKARYA
3.2
|
Mengenal
pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
|
4.2
|
Menampilkan
pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
|
INDIKATOR :
BAHASA INDONESIA
3.1.1
|
Menyebutkan
ungkapan yang terdapat pada teks.
|
3.1.2
|
Mengidentifikasi
ungkapan yang terdapat pada teks.
|
4.1.3
|
Menyalin
kembali ungkapan dalam bentuk tulisan huruf lepas
|
4.1.4
|
Membuat
kembali ungkapan dalam bentuk tulisan tegak bersambung.
|
MATEMATIKA
3.1.3
|
Menelaah
makna bilangan cacah.
|
3.1.4
|
Mengidentifikasi
lambang bilangan cacah berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model
konkret serta cara membacanya.
|
4.1.3
|
Menentukan
bilangan cacah.
|
4.1.4
|
Melaksanakan
pembacaan bilangan.
|
SENI BUDAYA dan PRAKARYA
3.2.3
|
Menggunakan
simbol * untuk bunyi pendek pada lagu.
|
3.2.4
|
Menggunakan
simbol __ untuk bunyi panjang pada lagu.
|
3.2.5
|
Menentukan
kuat lemah bunyi pada lagu.
|
4.2.3
|
Menyanyikan
lagu anak sesuai panjang pendek bunyinya.
|
4.2.4
|
Menyanyikan
lagu anak sesuai kuat lemah bunyinya.
|
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1
|
Melalui
teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat
pada teks lagu tersebut dengan benar.
|
2
|
Melalui
teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang
terdapat pada teks lagu tersebut dengan benar.
|
3
|
Melalui
teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menyalin kembali ungkapan dalam
bentuk tulisan huruf lepas.
|
4
|
Melalui
teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat membuat kembali ungkapan dalam
bentuk tulisan tegak bersambung.
|
5
|
Melalui
teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menggunakan simbol * untuk bunyi
pendek pada lagu dengan benar.
|
6
|
Melalui
teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menggunakan simbol __ untuk bunyi
panjang pada lagu dengan benar.
|
7
|
Melalui
teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menentukan kuat lemah bunyi pada
lagu dengan benar.
|
8
|
Melalui
lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menyanyikan lagu tersebut sesuai panjang
pendek bunyinya dengan benar.
|
9
|
Melalui
lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menyanyikan lagu anak sesuai kuat lemah
bunyinya dengan benar.
|
10
|
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat enelaah makna bilangan cacah dengan baik.
|
11
|
Melalui
media sedotan, siswa dapat menafsirkan lambang bilangan cacah berdasarkan
nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya dengan
baik.
|
12
|
Melalui
media sedotan, siswa dapat menentukan bilangan cacah yang sesuai dengan
kumpulan objek dengan baik.
|
13
|
Melalui
media sedotan, siswa dapat menentukan menentukan lambang bilangan cacah yang
sesuai dengan kumpulan objek dengan baik.
|
MATERI PEMBELAJARAN:
BAHASA INDONESIA
1. Ungkapan
tinggi hati dan cepat kaki ringan tangan.
MATEMATIKA
1. Makna
bilangan cacah.
2. Lambang
bilangan cacah.
SENI BUDAYA dan PRAKARYA
1. Simbol
* pada lagu.
2. Symbol
__ pada lagu.
3. Kuat
lemah bunyi pada lagu.
4. Panjang
pendek bunyi pada lagu.
Untuk materi lengkap silahkan download si sini
good
ReplyDelete