Bahan Ajar Tema 1 Hidup Rukun Subtema 1 Hidup Rukun Di Rumah Pembelajaran 3


BAHAN AJAR
TEMA 1 HIDUP RUKUN
SUBTEMA 1 HIDUP RUKUN DI RUMAH
PEMBELAJARAN 3

SATUAN PENDIDIKAN    : SDN PAKUAN BOGOR
KELAS                                  : 1 (SATU)
KOMPETENSI INTI           :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR      :
BAHASA INDONESIA
3.1
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
4.1
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.

MATEMATIKA
3.1
Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya.
4.1
Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret.

SENI BUDAYA dan PRAKARYA
3.2
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.

INDIKATOR                        :
BAHASA INDONESIA
3.1.1
Menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks.
3.1.2
Mengidentifikasi ungkapan yang terdapat pada teks.
4.1.3
Menyalin kembali ungkapan dalam bentuk tulisan huruf lepas
4.1.4
Membuat kembali ungkapan dalam bentuk tulisan tegak bersambung.

MATEMATIKA
3.1.3
Menelaah makna bilangan cacah.
3.1.4
Mengidentifikasi lambang bilangan cacah berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya.
4.1.3
Menentukan bilangan cacah.
4.1.4
Melaksanakan pembacaan bilangan.

SENI BUDAYA dan PRAKARYA
3.2.3
Menggunakan simbol * untuk bunyi pendek pada lagu.
3.2.4
Menggunakan simbol __ untuk bunyi panjang pada lagu.
3.2.5
Menentukan kuat lemah bunyi pada lagu.
4.2.3
Menyanyikan lagu anak sesuai panjang pendek bunyinya.
4.2.4
Menyanyikan lagu anak sesuai kuat lemah bunyinya.

TUJUAN PEMBELAJARAN:
1
Melalui teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks lagu tersebut dengan benar.
2
Melalui teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang terdapat pada teks lagu tersebut dengan benar.
3
Melalui teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menyalin kembali ungkapan dalam bentuk tulisan huruf lepas.
4
Melalui teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat membuat kembali ungkapan dalam bentuk tulisan tegak bersambung.
5
Melalui teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menggunakan simbol * untuk bunyi pendek pada lagu dengan benar.
6
Melalui teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menggunakan simbol __ untuk bunyi panjang pada lagu dengan benar.
7
Melalui teks lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menentukan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
8
Melalui lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menyanyikan lagu tersebut sesuai panjang pendek bunyinya dengan benar.
9
Melalui lagu “Peramah dan Sopan” siswa dapat menyanyikan lagu anak sesuai kuat lemah bunyinya dengan benar.
10
Melalui penjelasan guru, siswa dapat enelaah makna bilangan cacah dengan baik.
11
Melalui media sedotan, siswa dapat menafsirkan lambang bilangan cacah berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya dengan baik.
12
Melalui media sedotan, siswa dapat menentukan bilangan cacah yang sesuai dengan kumpulan objek dengan baik.
13
Melalui media sedotan, siswa dapat menentukan menentukan lambang bilangan cacah yang sesuai dengan kumpulan objek dengan baik.

MATERI PEMBELAJARAN:
BAHASA INDONESIA
1.      Ungkapan tinggi hati dan cepat kaki ringan tangan.
MATEMATIKA
1.      Makna bilangan cacah.
2.      Lambang bilangan cacah.
SENI BUDAYA dan PRAKARYA
1.      Simbol * pada lagu.
2.      Symbol __ pada lagu.
3.      Kuat lemah bunyi pada lagu.
4.      Panjang pendek bunyi pada lagu.

   Untuk materi lengkap silahkan download si sini
 

Comments

Post a Comment

In Our Opinion and Learning