Bahan Ajar Kelas 2 Tema : 1.Hidup Rukun Sub Tema 1.Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 1


Tema                         : 1.Hidup Rukun

Sub Tema                 : 1.Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran 1

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.     Kompetensi dasar
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1   Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak
dengan bahasa yang santun
Matematika
3.1   Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
4.1   Membaca dan menyajikan bilangan acah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana  melalui lagu anak-anak
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak

C.    Indkator
Bahasa indonesia
3.1.1 Menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks
3.1.2 Menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya.
4.1.1 Menirukan ungkapan buah tangan, buah hati, dan kutu buku yang terdapat dalam teks.
Matematika
3.1.1 Mengartikan makna bilangan cacah
3.1.2 merinci makna bilangan cacah
4.1.3 memilih bilangan cacah
SBdP
3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak
3.2.2 Mengidentifikasi tanda panjang pendek bunyi pada teks lagu anak
4.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak
4.2.2 Menyanyikan lagu anak sesuai panjang pendek bunyinya  
   
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui tanya jawab, peserta didik dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks dengan benar
2.      Melalui diskusi, peserta didik dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan tepat
3.      Melalui unjuk kerja, peserta didik dapat menirukan ungkapan buah tangan, buah hati, dan kutu buku yang terdapat dalam teks dengan benar
4.      Melalui permainan, peserta didik dapat mengartikan makna bilangan cacah dengan tepat
5.      Melalui gambar, peserta didik dapat merinci makna bilangan cacah dengan tepat
6.      Melalui gambar, peserta didik dapat memilih bilangan cacah dengan tepat
7.      Melalui lagu, peserta didik dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan teliti
8.      Melalui lagu, peserta didik dapat mengidentifikasi tanda panjang pendek bunyi pada teks lagu anak dengan tepat
9.      Melalui kegiatan mendengarkan lagu, peserta didik dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat
10.  Melalui lagu, peserta didik dapat menyanyikan lagu anak sesuai panjang pendek bunyinya dengan tepat

Untuk lebih lanjutnya silahkan donwload filenya


Comments

In Our Opinion and Learning