Bahan Ajar Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5


Tema                         : 1. Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Subtema                    : 1. Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan
Pembelajaran           : 5
A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.1   Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
PPKn
3.1 Memahami  arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
Matematika
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan  sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

C.    Indikator
Bahasa Indonesia
3.3.10    Mengidentifikasi isi teks tentang daur hidup kecoa
3.3.11    Membandingkan tahapan daur hidup dua jenis hewan.
4.3.10    Menuliskan tahapan daur hidup kecoa.
4.3.11    Menjelaskan daur hidup kecoa.
PPKn
3.1.1 Mengidentifikasi simbol sila pertama Pancasila.
3.1.2 Menjelaskan makna simbol sila pertama Pancasila.
3.1.3 Mengidentifkasi perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila pertama Pancasila.
4.1.1 Menunjukan penerapan sila pertama pada Pancasila.
4.1.2 Menceritakan perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila pertama Pancasila.


Matematika
3.1.5 Mengurutkan  bilangan menggunakan simbol <, > dan =
3.1.6 Membandingkan bilangan menggunakan simbol <, > dan =
4.1.5 Menunjukkan bilangan yang lebih besar, yang lebih kecil, dan yang senilai.
4.1.6 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan simbol <,> dan =

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui diskusi siswa dapat, mengidentifikasi isi teks tentang daur hidup kecoa dengan benar.
2.      Melalui pengamatan siswa dapat, membandingkan tahapan daur hidup dua jenis hewan dengan baik.
3.      Melalui penugasan siswa dapat, menuliskan tahapan daur hidup kecoa dengan tepat.
4.      Melalui unjuk kerja siswa dapat, menjelaskan daur hidup kecoa dengan benar.
5.      Melalui penugasan siswa dapat, mengurutkan  bilangan menggunakan simbol <, > dan = dengan benar.
6.      Melalui permainan siswa dapat, membandingkan bilangan menggunakan simbol <, > dan = dengan tepat.
7.      Melalui unjuk kerja siswa dapat, menunjukkan bilangan yang lebih besar, yang lebih kecil, dan yang senilai dengan tepat.
8.      Melalui unjuk kerja siswa dapat, menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan simbol <,> dan = dengan tepat.

E.     Materi Pembelajaran
1.      Bahasa Indonesia
Kosakata daur hidup kecoa.
2.      PPKn
Hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga.
3.      Matematika
Lambang bilangan cacah
Simbol <,> ,dan =

Untuk selengkapnya silahkan Download di bawah ini!


 

Comments

In Our Opinion and Learning