Tema :
1. Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Subtema : 1. Perkembangbiakan
dan Daur Hidup Hewan
Pembelajaran :
5
A. Kompetensi
Inti
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi
dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat
hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
4.1 Menyajikan
hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan
sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan
kalimat efektif.
PPKn
3.1
Memahami arti
gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1
Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda
Pancasila”.
Matematika
3.1
Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1
Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan
cacah.
C. Indikator
Bahasa Indonesia
3.3.10 Mengidentifikasi isi
teks tentang daur hidup kecoa
3.3.11 Membandingkan tahapan
daur hidup dua jenis hewan.
4.3.10 Menuliskan tahapan daur
hidup kecoa.
4.3.11 Menjelaskan daur hidup kecoa.
PPKn
3.1.1 Mengidentifikasi simbol sila pertama Pancasila.
3.1.2 Menjelaskan makna simbol sila pertama Pancasila.
3.1.3 Mengidentifkasi perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila pertama
Pancasila.
4.1.1 Menunjukan
penerapan sila pertama pada Pancasila.
4.1.2
Menceritakan perilaku
di sekitar rumah tentang pengamalan sila pertama
Pancasila.
Matematika
3.1.5 Mengurutkan bilangan
menggunakan simbol <, > dan =
3.1.6 Membandingkan bilangan menggunakan simbol <, > dan =
4.1.5
Menunjukkan bilangan yang lebih besar, yang lebih kecil, dan yang senilai.
4.1.6
Menyelesaikan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan penggunaan simbol <,> dan =
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui
diskusi siswa dapat, mengidentifikasi isi teks tentang daur hidup kecoa dengan
benar.
2. Melalui
pengamatan siswa dapat, membandingkan tahapan daur hidup dua jenis hewan dengan
baik.
3. Melalui
penugasan siswa dapat, menuliskan tahapan daur hidup kecoa dengan tepat.
4. Melalui
unjuk kerja siswa dapat, menjelaskan daur hidup kecoa dengan benar.
5.
Melalui penugasan siswa dapat, mengurutkan bilangan
menggunakan simbol <, > dan = dengan benar.
6. Melalui
permainan siswa dapat, membandingkan
bilangan menggunakan simbol <, > dan = dengan
tepat.
7. Melalui
unjuk kerja siswa dapat, menunjukkan bilangan yang lebih besar, yang lebih
kecil, dan yang senilai dengan tepat.
8.
Melalui unjuk kerja siswa dapat, menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
penggunaan simbol <,> dan = dengan tepat.
E. Materi
Pembelajaran
1. Bahasa
Indonesia
Kosakata
daur hidup kecoa.
2. PPKn
Hak
dan kewajiban sebagai anggota keluarga.
3.
Matematika
Lambang
bilangan cacah
Simbol <,> ,dan =
Untuk selengkapnya silahkan Download di bawah ini!
Comments
Post a Comment