SEL.11.2-T6-8 Topik 6 Aksi Nyata Persfektif Sosiokultural

 

Nama : Risna Sri Wahyuni

NPM   : 039223348

SEL.11.2-T6-8  Aksi Nyata


Pada topik saat ini membahas mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial budaya ekonomi dan politik dalam pendidikan di Indonesia sebelum mempelajari topik ini saya memikirkan akan mempelajari mengenai penyelenggaraan pendidikan di Indonesia yang belum merata penyebab belum meratanya pendidikan di Indonesia dilihat dari faktor budaya ekonomi dan politik cara yang diberikan guru kepada peserta didik dilihat dari perbedaan perspektif sosial budaya ekonomi dan politik. Pada topik ini saya mempelajari mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial budaya ekonomi dan politik perspektif setiap orang berbeda-beda dipengaruhi oleh latar belakang setiap peserta didik guru dituntut untuk melakukan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik dikarenakan peserta didik yang memiliki pemahaman yang berbeda guru memberikan pembelajaran dengan Scaffolding pada ZPD di mana pembelajaran guru melakukan bimbingan dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan kemampuan peserta didik setelah peserta didik memahami guru dapat melepaskan dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bereksplorasi secara mandiri. 

Yang saya pelajari bersama dengan rekan-rekan dalam ruang kolaborasi adalah pengadaan pendidikan di Indonesia yang belum merata terutama daerah yang memiliki kondisi geografis sosial ekonomi dan budaya yang kurang berkembang yaitu Daerah 3t Tertinggal, terdepan, Tertinggal titik mengakibatkan banyak anak yang tidak mendapatkan pembelajaran yang layak serta kurangnya biaya hidup mereka dan mengharuskan anak untuk ikut bekerja Banyak masyarakat yang tidak memenuhi administrasi sebagai warga negara tidak memiliki akta Kakak dan KTP sehingga daerah tersebut tidak terjamah bantuan dari pemerintah Selain itu sebagai guru dituntut untuk siap menghadapi perbedaan yang terjadi dalam pembelajaran dan memberikan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik. Di ruang demonstrasi ini saya mempelajari mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial budaya ekonomi dan politik dalam pendidikan di Indonesia bahwa selain guru bertugas untuk memberikan pembelajaran kepada peserta didik guru juga diberikan beban tugas lainnya sebagai contoh sebagai administrasi sekolah Hal ini dapat menghambat guru dalam memberikan pembelajaran yang optimal kepada peserta didik

Hubungan antara sosial budaya ekonomi dan politik sangatlah berpengaruh dalam keberlangsungan pendidikan di Indonesia isu pendidikan dan pembelajaran dalam berbagai perspektif menghasilkan keragaman karakteristik yang dimiliki oleh peserta didik sehingga mempengaruhi metode yang digunakan oleh guru Oleh karena itu muncul banyak strategi model dan metode pembelajaran yang beragam terdapat tantangan dan hambatan guru dalam menentukan strategi yang tepat titik Langkah pertama adalah melakukan observasi peserta didik melakukan kolaborasi melalui diskusi dan menambah studi literatur untuk menentukan solusi yang tepat Selain itu menerapkan solusi pada permasalahan kehidupan nyata untuk lebih lanjutnya Saya ingin mempelajari mengenai bagaimana cara guru dalam menghadapi peserta didik yang memiliki semangat belajar yang kurang dan ditambah dengan kurangnya fasilitas yang ada. 

Pada topik ini terdapat keterkaitan dengan mata kuliah lain seperti pemahaman tentang peserta didik dan pembelajarannya, prinsip dan pengajaran asesmen dan juga perspektif sosiokultural setelah memahami topik ini dan keterkaitan dengan mata kuliah lain hal selanjutnya adalah menerapkannya pada mata kuliah PPL pembelajaran dengan memperhatikan aspek-aspek sosial ekonomi budaya dan politik untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Dengan mempelajari topik ini saya tahu bahwa dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik perlu memperhatikan isu-isu pendidikan berdasarkan perspektif sosial budaya ekonomi dan politik sehingga Pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik melalui media strategi metode pembelajaran yang berpihak pada peserta didik seorang pendidik diharapkan siap menghadapi apapun tantangan yang ada baik dalam mempersiapkan pembelajaran melakukan pembelajaran dan melakukan evaluasi pembelajaran


Comments

In Our Opinion and Learning