Mengamati Keberadaan Hewan dan Tumbuhan (Investigating Ecological Relationships)


Lesson Plan J. (Chapter 12 : Investigating Ecological Relationships), page 247

Mengamati Keberadaan Hewan dan Tumbuhan

Orientasi 3-6.
Tujuan isi                   : Anak-anak akan menyatakan bahwa populasi tumbuhan dan hewan dapat   diperkirakan dengan pengambilan sampel dan bahwa banyak organisme yang berbeda di lingkungan kita.
Tujuan Keahlian : Para siswa diharuskan untuk melakukan pengamatan dengan mengambil sampel dari populasi yang besar, untuk mengkomunikasikan pengamatan mereka secara verbal kepada orang lain, dan menyimpulkan bahwa ada keragaman dalam makhluk hidup.
Bahan                       : Sepuluh gantungan baju kawat dibuat menjadi lingkaran, pensil dan kertas
Evaluasi                      : Interaksi verbal siswa, kerja kursi keterampilan pemecahan   masalah   kelompok siswa, dan sketsa.


Gambar 12-3 = Pengambilan Sampel Populasi Besar



Prosedur
Siapkan sepuluh dari dua belas simpai dari gantungan baju kawat. Masing-masing kelompok menyiapkan dua atau tiga anak dengan lingkaran dan membawa mereka ke lapangan terdekat atau tanah kosong. Mintalah masing-masing kelompok melemparkan lingkarannya ke udara, pergi ke tempat ia mendarat, dan dengan hati-hati menghitung dan menggambarkan semua hal yang hidup dan tidak hidup dalam lingkaran itu (Gambar 12-3). Seorang siswa harus menyimpan catatan pengamatan mereka secara hati-hati. Jika mereka menemukan sesuatu yang tidak dapat mereka sebutkan, mereka harus membuat sketsa yang kasar. Setiap kelompok harus mengulangi proses penghitungan beberapa kali di bagian yang berbeda dari lapangan, mengidentifikasi dan menghitung setiap benda hidup dan benda mati. Kembali di kelas, mintalah beberapa siswa mempresentasikan temuan mereka. Guru dapat menyimpulkan pengalaman itu dengan mengajukan pertanyaan seperti: “Apakah Anda merasa kami cukup tahu hal-hal apa yang hidup dan tidak hidup di lapangan? "Karena kita tidak mengamati setiap bit dari bidang, bagaimana kita bisa mengatakan ini? Bisakah kita menebak " Bagaimana, hal-hal berbeda yang kita temukan? " "Apa yang mungkin kita simpan tentang berbagai hal di lingkungan kita?

Kajian Konsep
            Secara umum Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia. Sejalan dengan itu, manusia diciptakan sebagai salah satu mahkluk hidup sosial dan dituntut untuk berkemban dan berfikir. Maka dari itu, disini siswa diajarkan sedari dini untuk berfikir dan mengamati lingkungan sekitar, dengan menggunakan uji coba seperti yang diatas yaitu, siswa membuat sebuah lingkaran yang terbuat dari gantungan pakaian, setelah itu siswa melemparnya disuatu hamparan tanah, dan siswa mengamati apa yang terdapat di dalam lingkaran itu baik berupa kondisi fisik alam maupun makhluk hidup yang ada dilingkaran itu, siswa mengamati dan mencatat makhluk hidup yang ada dilingkaran itu, seperti rerumputan dan serangga serta menggambar benda yang sekiranya abstrak yang termasuk dalam lingkaran tersebut. Setelah itu buat kesimpulan berkenaan dengan hasil pengamatan dan siapkan perwakilan kelompok untuk menjelaskannya di depan kelas.

Comments

In Our Opinion and Learning