BAHAN AJAR Kelas 2 Semester 1 Subtema 1 Pembelajaran 4


BAHAN AJAR
Kelas II (Dua)
Semester 1
Subtema 1 Pembelajaran 4

A.    Kompetensi Inti
KI 1          Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2          Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3          Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
KI 4          Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.1  Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1  Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan  cacah dan lambangnya  berdasarkan nilai tempat dengan  menggunakan model konkret
SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
C.    Indikator
Bahasa Indonesia
3.1.1  Menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks.
3.1.2  Mengidentifikasi ungkapan yang terdapat pada teks.
4.1.1  Menirukan ungkapan (kutu buku) yang terdapat dalam teks percakapan.
4.1.2  Mempraktikan teks percakapan yang mengandung ungkapan.
Matematika
3.1.5  Mengidentifikasi lambang bilangan cacah berdasarkan nilai tempat pada bilangan dua angka serta cara membacanya.
3.1.6 Mengidentifikasi lambang bilangan cacah berdasarkan nilai tempat pada bilanagn tiga angka serta cara membacanya.

4.1.5  Melengkapi lambang bilangan berdasarkan nilai tempat serta cara membacanya.
4.1.6 Menyusun lambang bilangan cacah berdasarkan nilai tempat menggunakan media konkret.
SBdP
3.2.6  Menjelaskan kuat lemah bunyi pada lagu anak-anak
3.2.8  Menggarisbawahi kuat lemah bunyi pada teks lagu
4.2.8  Menyanyikan lagu anak-anak
4.2.9  Membedakan kuat lemah bunyi melalui lagu anak-anak
D.    Tujuan
1.      Melalui pengamatan teks percakapan siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan dengan tepat.
2.      Melalui pengamatan teks percakapan siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang terdapat pada teks dengan tepat.
3.      Melalui unjuk kerja siswa dapat menirukan ungkapan (kutu buku) yang terdapat dalam teks percakapan dengan baik.
4.      Melalui unjuk kerja siswa dapat mempraktikan teks percakapan yang mengandung ungkapan dengan tepat.
5.      Melalui penggunaan media konkret siswa dapat mengidentifikasi lambang bilangan cacah berdasarkan nilai tempat pada bilangan dua angka serta cara membacanya dengan tepat.
6.      Melalui penggunaan media konkret siswa dapat mengidentifikasi lambang bilangan cacah berdasarkan nilai tempat pada bilanagn tiga angka serta cara membacanya dengan tepat.
7.      Melalui penugasan siswa dapat melengkapi lambang bilangan berdasarkan nilai tempat serta cara membacanya dengan tepat.
8.      Melalui  demonstrasi siswa dapat menyusun lambang bilangan cacah berdasarkan nilai tempat menggunakan media konkret dengan baik.
9.      Melalui  teks lagu siswa dapat menjelaskan kuat lemah bunyi pada lagu anak-anak dengan benar.
10.  Melalui  teks lagu siswa  dapat menggarisbawahi kuat lemah bunyi pada teks lagu dengan tepat.
11.  Melalui lagu siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak sesuai kuat lemah bunyi dengan tepat.
12.  Melalui unjuk kerja siswa dapat membedakan kuat lemah bunyi dengan benar. 



Comments

Post a Comment

In Our Opinion and Learning