BAHAN AJAR
Kelas II (Dua)
Semester 1
Subtema 1 Pembelajaran 4
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru.
KI 3 Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah
KI 4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar
Bahasa
Indonesia
3.1 Merinci
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu
yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan
bahasa yang santun
Matematika
3.1 Menjelaskan
makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret serta cara membacanya
4.1 Membaca
dan menyajikan bilangan cacah dan
lambangnya berdasarkan nilai tempat
dengan menggunakan model konkret
SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
C.
Indikator
Bahasa
Indonesia
3.1.1 Menyebutkan
ungkapan yang terdapat pada teks.
3.1.2 Mengidentifikasi
ungkapan yang terdapat pada teks.
4.1.1 Menirukan ungkapan
(kutu buku) yang terdapat dalam teks percakapan.
4.1.2 Mempraktikan
teks percakapan yang mengandung ungkapan.
Matematika
3.1.5 Mengidentifikasi
lambang bilangan cacah berdasarkan nilai tempat pada bilangan dua angka serta
cara membacanya.
3.1.6 Mengidentifikasi lambang bilangan cacah
berdasarkan nilai tempat pada bilanagn tiga angka serta cara membacanya.
4.1.5 Melengkapi
lambang bilangan berdasarkan nilai tempat serta cara membacanya.
4.1.6 Menyusun lambang bilangan cacah berdasarkan
nilai tempat menggunakan media konkret.
SBdP
3.2.6 Menjelaskan
kuat lemah bunyi pada lagu anak-anak
3.2.8 Menggarisbawahi
kuat lemah bunyi pada teks lagu
4.2.8 Menyanyikan
lagu anak-anak
4.2.9 Membedakan
kuat lemah bunyi melalui lagu anak-anak
D.
Tujuan
1. Melalui pengamatan
teks percakapan siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks
percakapan dengan tepat.
2. Melalui
pengamatan teks percakapan siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang terdapat
pada teks dengan tepat.
3. Melalui
unjuk kerja siswa dapat menirukan ungkapan (kutu buku) yang terdapat dalam teks
percakapan dengan baik.
4. Melalui
unjuk kerja siswa dapat mempraktikan teks percakapan yang mengandung ungkapan
dengan tepat.
5. Melalui
penggunaan media konkret siswa dapat mengidentifikasi lambang bilangan cacah
berdasarkan nilai tempat pada bilangan dua angka serta cara membacanya dengan
tepat.
6. Melalui
penggunaan media konkret siswa dapat mengidentifikasi lambang bilangan cacah
berdasarkan nilai tempat pada bilanagn tiga angka serta cara membacanya dengan
tepat.
7. Melalui penugasan
siswa dapat melengkapi lambang bilangan berdasarkan nilai tempat serta cara
membacanya dengan tepat.
8. Melalui demonstrasi siswa dapat menyusun lambang
bilangan cacah berdasarkan nilai tempat menggunakan media konkret dengan baik.
9. Melalui teks lagu siswa dapat menjelaskan kuat lemah
bunyi pada lagu anak-anak dengan benar.
10. Melalui teks lagu siswa dapat menggarisbawahi kuat lemah bunyi pada
teks lagu dengan tepat.
11. Melalui lagu
siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak sesuai kuat lemah bunyi dengan tepat.
12. Melalui
unjuk kerja siswa dapat membedakan kuat lemah bunyi dengan benar.
Terimakasih sangat bermanfaat ini yg saya cari
ReplyDeletesama-sama :)
Delete