01.02.3-T4-5 Topik 4 Demonstrasi Kontekstual Pemahaman tentang Peserta didik dan Pembelajaran

 Nama : Risna Sri Wahyuni

NPM  : 039223348

01.02.3-T4-5 

Demonstrasi Kontekstual

Tugas 4.2 Melakukan Analisis dan Refleksi

  1. Bagaimana berlangsungnya proses pembelajaran di dalam kelas? Apakah sudah memenuhi kebutuhan peserta didik akan lingkungan belajar yang aman dan nyaman? Jelaskan.

Jawaban

Menurut saya berlangsungnya proses pembelajaran di kelas ketika saya melaksanakan PPL sudah memenuhi kebutuhan peserta didik karena sudah terdapat suasana kelas yang nyaman ditandai dengan kelas yang bersih, meja dan kursi yang rapi, lengkapnya fasilitas untuk belajar dan tersedianya media pembelajaran.

  1. Seberapa besar peran guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman ketika proses pembelajaran berlangsung? Berikan contohnya

Jawaban 

Peran guru sangat besar dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi Peserta didik. Lingkungan belajar yang positif dapat berkontribusi pada perkembangan Peserta didik secara menyeluruh, baik secara akademis maupun sosial-emosional. Guru memegang kunci untuk membentuk iklim kelas yang mendukung dengan memberikan pujian, memotivasi Peserta didik, dan membangun hubungan yang baik. Contohnya guru menerapkan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga mempermudah guru dalam mengenali gaya belajarnya dengan baik, melibatkan Peserta didik dalam pembelajaran dan mencegah perilaku bullying. 

  1. Apakah guru mengkomunikasikan kepada orang tua hal-hal apa saja yang terjadi selama proses pembelajaran di dalam kelas? Bagaimana cara mengkomunikasikannya?

Jawaban

Guru harus berkomunikasi dengan orang tua terkait hal-hal yang dilaksanakan peserta didik saat di sekolah karena ini sangat penting untuk perkembangan peserta didik. Dengan berkomunikasi kepada orang tua peserta didik akan terbantu dalam proses pembelajaran. Komunikasi guru dan orang tua bisa secara langsung seperti face to face ataupun melalui telepon seluler. 

  1. Apakah guru atau pihak sekolah melibatkan masyarakat dan lingkungan sekitar selama proses pembelajaran? Jika ya, apakah peran masyarakat dalam proses pembelajaran tersebut? Jika tidak, apakah yang menjadi alasan guru atau pihak sekolah tidak melibatkan masyarakat dan lingkungan sekitar?

Jawaban

Ya, di SDN Julang pihak sekolah melibatkan masyarakat dan lingkungan dalam proses pembelajaran seperti mengundang orang tua peserta didik dan anggota masyarakat setempat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Keterlibatan mereka tidak hanya terbatas pada acara-acara formal seperti rapat sekolah, tetapi juga melibatkan mereka dalam kegiatan lapangan, workshop, atau presentasi kelas yang dapat memberikan wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi peserta didik. 

  1. Buatlah skenario pembelajaran secara singkat dengan melibatkan keikutsertaan keluarga dan masyarakat dalam membentuk karakter disiplin positif dan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik. 

Jawaban

Judul Skenario: "Membentuk Karakter Disiplin Positif yang berkolaborasi  dengan Keluarga, Masyarakat, dan Sekolah".

Deskripsi: Sekolah mengadakan workshop kolaboratif yang melibatkan guru, orangtua, dan anggota masyarakat. Workshop ini bertujuan untuk merancang strategi pembelajaran yang mempromosikan nilai-nilai karakter positif. Selanjutnya, guru memperkenalkan metode pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif keluarga dan masyarakat, seperti tugas rumah interaktif atau proyek kolaboratif. Sesi konsultasi individu antara guru, orangtua, dan peserta didik  juga diselenggarakan untuk membahas perkembangan peserta didik secara holistik, termasuk aspek karakter dan disiplin positif. Bersama masyarakat, peserta didik terlibat dalam proyek membersihkan lingkungan sekitar sekolah, yang bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan kepedulian lingkungan tetapi juga untuk mengajarkan nilai-nilai tanggung jawab dan kebersihan. Sekolah kemudian mengadakan acara sosialisasi hasil pembelajaran dan prestasi, melibatkan keluarga dan masyarakat sebagai audiens utama. Dengan dukungan keluarga dan masyarakat, sekolah mengimplementasikan program penghargaan untuk peserta didik yang menunjukkan karakter disiplin positif, sehingga menciptakan keterlibatan yang erat antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam mendukung perkembangan holistik peserta didik.

Catatan: penilaian dapat menggunakan Rubrik 1 dan dosen dibebaskan jika ingin memodifikasi rubrik sesuai dengan kebutuhan.


Comments

In Our Opinion and Learning