Bahan Ajar Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4


Tema                         : 1. Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Subtema                    : 1. Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan
Pembelajaran           : 4
A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.4   Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
PPKn
3.2   Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.
4.2   Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.

C.    Indikator
Bahasa Indonesia
3.4.8        Mengidentifikasi daur hidup katak.
3.4.9        Menyimpulkan proses daur hidup katak.
4.4.7        Menuliskan tahapan daur hidup katak.
4.4.8        Menjelaskan daur hidup katak.

PPKn
3.2.3 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.
3.2.4 Menjelaskan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.
4.2.3 Membedakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga.
4.2.4 Melaporkan hasil identifikasi kewajiban dan  hak sebagai anggota keluarga.
   


D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui permainan siswa dapat, mengidentifikasi daur hidup katak dengan baik.
2.      Melalui diskusi siswa dapat, menyimpulkan proses daur hidup katak dengan benar.
3.      Melalui penugasan siswa dapat, menuliskan tahapan daur hidup katak dengan baik.
4.      Melalui pengamatan siswa dapat, menjelaskan daur hidup katak dengan baik.
5.      Melalui diskusi siswa dapat, mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dengan baik.
6.      Melalui diskusi siswa dapat, menjelaskan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dengan baik.
7.      Melalui diskusi siswa dapat, membedakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dengan baik.
8.      Melalui unjuk kerja siswa dapat, melaporkan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dengan baik.

E.     Materi Pembelajaran
1.      Bahasa Indonesia
Kosakata daur hidup katak.
2.      PPKn
Hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga

Untuk selengkapnya silahkan download di bawah ini!


 

Comments

In Our Opinion and Learning