Bahan Ajar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Subtema 1 Gemar Berolahraga


BAHAN AJAR
TEMA 2 KEGEMARANKU
SUBTEMA 1 GEMAR BEROLAHRAGA


KELAS                                  : 1 (SATU)
KOMPETENSI INTI           :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.                    
KOMPETENSI DASAR      :
PKN
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
BAHASA INDONESIA
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah.
MATEMATIKA
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.

INDIKATOR                        :
PKN
3.2.1    Mengenali aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan tepat.
3.2.2    Menentukan hal-hal yang boleh dilakuan dan tidak boleh dilakukan dalam kehiudpan sehari-hari di rumah dengan tepat.
4.2.1    Menjelaskan kegiatan dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan tepat.
4.2.2    Mencontohkan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
BAHASA INDONESIA
3.5.1    Mengelompokan kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.5.2    Menyelesaikan kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.5.1    Memahami penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah
4.5.2    Mengkreasikan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah.
MATEMATIKA
3.4.1    Menghitung penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dengan teknik tanpa menyimpan dan dengan bantuan benda konkret.
3.4.2    Menganalisis masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan.
4.4.1    Membuat cerita penjumlahan dari pengalaman dalam kehidupan sehari-hari
4.4.2    Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.

TUJUAN PEMBELAJARAN         :
PKN
3.2.1.1    Melalui diskusi siswa dapat mengenali aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar dan tepat.
3.2.2.1    Melalui demontsrasi siswa dapat menentukan hal-hal yang boleh dilakuan dan tidak boleh dilakukan dalam kehiudpan sehari-hari di rumah dengan tepat.
4.2.1.1    Melalui kegiatan tanya jawab menjelaskan kegiatan dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan tepat.
4.2.2.1    Melalui pengamatan di kelas siswa mampu mencontohkan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
BAHASA INDONESIA
3.5.1.1    Melalui gambar siswa mampu mengelompokan kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan dengan baik dan benar.
3.5.2.1    Melalui diskusi kelompok siswa mampu menyelesaikan kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan dengan benar dan tepat.
4.5.1.1    Melalui Pemaparan diskusi kelompok siswa mampu memahami penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah dengan benar dan tepat
4.5.2.1    Melalui praktik siswa mampu mengkreasikan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah dengan benar dan tepat.
MATEMATIKA
3.4.1.1    Melalui media pembelajaran berbasis kelereng siswa mampu menghitung penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dengan teknik tanpa menyimpan dan dengan bantuan benda konkret dengan benar dan tepat.
3.4.2.1    Melalui praktik penjual dan pembeli siswa mampu menganalisis masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan dengan benar dan tepat.
4.4.1.1    Melalui kegiatan penugasan di perpustakaan siiswa mampu embuat cerita penjumlahan dari pengalaman dalam kehidupan sehari-hari dengan benar dan tepat.
4.4.2.1    Melalui diskusi siswa dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dengan benar dan tepat.
  Untuk lebih lanjutnya silahkan Download Bahan Ajar Tema 1 (Diriku) Subtema 2 (Tubuhku) Di Link di bawah ini





Comments

In Our Opinion and Learning