BAHAN AJAR
KELAS 3
TEMA 1 : PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN
SUBTEMA 2 : PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN
PEMBELAJARAN : KE-5
PPKn
KOMPETENSI DASAR
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah.
INDIKATOR
3.2.5 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai warga sekolah.
3.2.6 Menjelaskan kewajiban dan hak sebagai warga sekolah.
4.2.6 Membedakan kewajiban dan hak sebagai warga sekolah.
4.2.7 Melaporkan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai warga sekolah.
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri,kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
INDIKATOR
3.4.18 Menjelaskan perkembangbiakan tumbuhan dengan spora sesuai teks yang dibaca.
3.4.19 Menentukan perkembangbiakan tumbuhan dengan spora.
4.4.18 Menuliskan perkembangbiakan tumbuhan dengan spora menggunakan kosakata baku.
4.4.19 Menceritakan perkembangbiakan tumbuhan dengan spora menggunakan kalimat efektif.
MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
INDIKATOR
3.1.12 Menjelaskan operasi hitung pengurangan dengan cara bersusun panjang.
3.1.13 Menjelaskan operasi hitung pengurangan dengan cara bersusun pendek.
4.1.12 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan bilangan cacah.
4.1.13 Mengoreksi operasi hitung pengurangan bilangan cacah.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui pengamatan teks percakapan, peserta didik mampu menjelaskan perkembangbiakan tumbuhan dengan spora sesuai teks yang dibaca dengan tepat.
2. Melalui tanya jawab, peserta didik mampu menentukan perkembangbiakan tumbuhan melalui spora dengan tepat.
3. Melalui penugasan, peserta didik mampu menuliskan perkembangbiakan tumbuhan dengan spora menggunakan kosakata baku dengan benar.
4. Melalui bimbingan guru, peserta didik mampu menceritakan perkembangbiakan tumbuhan dengan spora menggunakan kalimat efektif dengan percaya diri.
5. Melalui tanya jawab, peserta didik mampu mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai warga sekolah dengan benar.
6. Melalui tanya jawab, peserta didik mampu menjelaskan kewajiban dan hak sebagai warga sekolah dengan percaya diri.
7. Melalui permainan, peserta didik mampu membedakan kewajiban dan hak sebagai warga sekolah dengan tepat.
8. Melalui bimbingan guru, peserta didik mampu melaporkan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai warga sekolah dengan percaya diri.
9. Melalui diskusi, peserta didik mampu menjelaskan operasi hitung pengurangan dengan cara bersusun panjang dengan tepat.
10. Melalui diskusi, peserta didik mampu menjelaskan operasi hitung pengurangan dengan cara bersusun pendek dengan tepat.
11. Melalui penugasan, peserta didik mampu menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan bilangan cacah dengan benar.
12. Melalui permainan, peserta didik mampu mengoreksi operasi hitung pengurangan bilangan cacah dengan benar.
Edo : Hai Lani, kamu sedang apa?
Lani : Hai Edo. Aku sedang membantu Ayah menyiram tanaman.
Edo : Banyak sekali jenis tanaman disini. Pantas saja udaranya terasa sejuk.
Lani : Iya, aku dan ayah senang berkebun.
Edo : Itu tanaman apa, Lani?
Lani : Oh, itu namanya paku-pakuan. Sebenarnya aku tidak menanamnya. Ia tumbuh sendiri.
Edo : Bolehkah aku minta bijinya? Aku ingin mencoba menanamnya di pekarangan rumahku.
Lani : Silakan. Tapi tanaman itu tidak punya biji. Ia menggunakan spora untuk berkembang biak.
Edo : Spora?
Lani : Coba kamu perhatikan bagian belakang daunnya.
Edo : Wah, ada banyak bintik-bintik hitam.
Lani : Nah itu adalah kumpulan spora. Bentuk spora seperti biji, tetapi sangat halus. Jadi dapat diterbangkan angin dengan mudah. Angin menerbangkan spora itu sampai kesini, lalu ia tumbuh disini.
Edo : Wah, kamu hebat Lani. Kamu tahu banyak hal tentang tumbuhan.
Lani : Terima kasih. Itu karena aku mencintai tumbuhan. Kalau kamu mencintai sesuatu kamu tentu ingin tahu banyak tentang hal itu kan?
Edo : Iya, kamu benar.
Berdasarkan teks percakapan di atas, tumbuhan juga ternyata dapat berkembang biak dengan spora. Kumpulan spora terdapat pada kotak spora yang berbentuk seperti biji tetapi lebih halus. Kotak spora biasanya terdapat pada bagian belakang daun yang berwarna kecokelatan. Ketika terkena angin, kotak spora akan terlepas, terbang dan jatuh ke tempat lain. Jika kotak spora jatuh maka ia akan melepaskan spora-spora di dalamnya.
Spora-spora yang terjatuh tadi akan tumbuh menjadi tumbuhan baru seperti pada gambar di bawah ini.
Tumbuhan yang berkembang biak dengan spora diantaranya suplir, pakis dan lumut.
Contoh Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Spora |
Tumbuhan suplir biasanya banyak juga di tanam di lingkungan sekolah. Tanaman paku-pakuan seperti suplir selain memperindah juga termasuk tumbuhan yang mudah ditanam. Selain suplir banyak berbagai tanaman yang sengaja ditanam di sekolah agar lingkungan menjadi asri dan terasa segar. Mendapatkan lingkungan sekolah yang asri dan segar adalah hak kita sebagai warga sekolah. Akan tetapi, sebagai siswa kita juga berkewajiban untuk menjaga dan merawat tumbuhan di sekolah agar tetap terjaga. Selain itu, kita juga wajib untuk menjaga agar lingkungan sekolah bersih dari sampah tumbuhan.
Hak dan kewajiban kita sebaga siswa di sekolah tidak hanya tentang lingkungan yang asri, bersih dan segar. Adapun hak dan kewajiban kita sebagai warga sekolah diantaranya :
Kewajiban kita sebagai siswa salah satunya adalah wajib melaksanakan tugas belajar dengan baik, termasuk diantaranya belajar pengurangan. Mengerjakan operasi hitung pengurangan dapat dikerjakan melalui cara panjang dan pendek.
Comments
Post a Comment