RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Kelas / Semester :
1 / I
Tema :
Diriku
Sub Tema :
Aku dan Teman Baru
Pembelajaran ke- :
1
Muatan Pelajaran :
Bahasa Indonesia, PPKn, SBDP
Alokasi Waktu :
5 x 35 menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI 1
|
:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Memiliki
perilaku jujur, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri,
keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang
dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.9.1 menemukan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga
secara lisan dan tulis
|
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara
sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.
|
4.9.1 Melatih kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan
diri dan keluarga
|
PPKn
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
|
3.2.1 Menggali informasi hal-hal yang harus
dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.2.1 menjelaskan aturan-aturan yang terdapat
dirumah
|
SBDP
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
|
3.2.1
Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia
|
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.
|
4.2.1
menyesuaikan elemen musik melalui lagu.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
|
Melalui
kartu gambar, peserta didik dapat menemukan kosa kata dan ungkapan perkenalan
diri, keluarga secara lisan dan tulis dengan baik dan benar
|
2.
|
Melalui
permainan, peserta didik dapat melatih kosakata dan ungkapan yang tepat untuk
perkenalan diri dan keluarga dengan baik dan benar
|
3.
|
Melalui
tanya jawab, peserta didik menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan
sehubungan dengan aturan di rumah dengan baik dan benar
|
4.
|
Melalui kegiatan identifikasi gambar, peserta didik dapat menjelaskan
aturan-aturan yang terdapat dirumah dengan baik dan benar
|
5.
|
Melalui
lagu, peserta didik mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia dengan
baik
|
6.
|
Melalui
lagu, peserta didik dapat menyesuaikan
elemen musik melalui lagu dengan benar
|
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
1.
Kosakata perkenalan
2.
Tata cara berkenalan
3.
Memperkenalkan anggota
keluarga
PPKn
1.
Aturan-aturan dalam rumah
(salam saat masuk dan keluar rumah)
E.
PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
Pembelajaran : Scientific
Metode : tanya jawab, permainan,
bernyanyi, ceramah, penugasan
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Gambar
2.
bola
G.
SUMBER
BELAJAR
1. Hendrifiana, Y, dkk. (2017). Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas 1. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Hal. 4-8)
2. Hendrifiana, Y, dkk. (2017). Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Peserta didik SD/MI
Kelas 1. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
(hal. 2-8)
H.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
literasi
|
10 menit
|
|
pendahuluan
|
1.
Peserta didik berbaris
dengan rapi
2.
Guru menanyakan kabar
kepada peserta didik
3.
Peserta didik berdoa
dengan membaca Q.S. Al-Fatihah dipimpin oleh seorang peserta didik
4.
Peserta didik
menyanyikan lagu “Indonesia Raya”
5.
Peserta didik dicek
kehadirannya dengan cara menyebutkan
teman di samping kiri, belakang, kanan, atau kirinya dapat dibantu dengan
lagu siapa namamu
6.
Guru mengingatkan
kembali pembelajaran sebelumnya
7.
Peserta didik menyimak
penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran
8.
Peserta didik menyimak penjelasan guru
tentang lagkah-langkah pembelajaran
|
15 menit
|
Inti 1
|
1. Peserta didik
mengamati gambar seorang anak mecium tangan keduaorag tua
2. Peserta
didik mengidentifikasi gambar tersebut
3. Peserta
didik bersama guru bertanya jawab tentang sikap aturan-aturan di dalam rumah
4. Peserta
didik bersama guru bertanya jawab tentang sikap aturan-aturan di dalam
sekolah
5. Peserta
didik mengamati sebuah gambar foto keluarga
6. Peserta
didik memperkenalkan anggota keluarganya di depan kelas dengan bimbinan guru
|
70 menit
|
Inti 2
|
1. Peserta didik
mengamati gambar pekenalan
2. peserta
didik mengidentifkasi kosakata ungkapan perkenalan diri
3. peserta
didik diperkenal lagu “siapa namamu?”
4. peserta
didik bersama guru bernyanyi “siapa namamu” hingga hafal
5. Peserta
didik dijelaskan permainan bola
tangkap
6. Peserta
didik melakukan permainan bola tangkap. Peserta didik yang menangkap bola
harus memperkenalkan namanya diiringi lagu “siapa namamu?”
|
70 menit
|
penutup
|
1.
Dengan bimbingan guru, peserta didik
menyimpulkan materi pelajaran.
a.
Tata cara sopan santun di dalam rumah
dan di sekolah
b.
Tata cara berkenalan dan ingat kembali
nama teman disamping
2.
Setiap peserta didik mengerjakan soal
evaluasi yang diberikan guru secara individu.
3.
Guru memeriksa hasil pengerjaan peserta
didik.
4.
Guru menutup pembelajaran, dengan
memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah.
5.
Peserta didik diajak mengakhiri
pembelajaran dengan berdo’a
|
15 menit
|
I.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1. Teknik penilaian
a. Penilaian Sikap : Observasi
b. Penilaian Pengetahuan : Tes tulis
c. Penilaian Keterampilan :
Unjuk kerja
2. Instrumen penilaian
a. Sikap : format
obsrvasi dan rubrik
b. Pengetahuan
: pilihan ganda dan
isian singkat
c.
Keterampilan : format observasi dan
rubrik
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP. …………………………….
|
Bogor, ..................................
Guru Kelas I
_________________________
NIP. …………………………….
|
Comments
Post a Comment