Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SD kelas 1 Semester 1 Sub tema Aku dan Teman Baru



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan       : Sekolah Dasar
Kelas / Semester           : 1 / I
Tema                             : Diriku
Sub Tema                      : Aku dan Teman Baru
Pembelajaran ke-         : 1
Muatan Pelajaran        : Bahasa Indonesia, PPKn, SBDP
Alokasi Waktu             : 5 x 35 menit

A.                KOMPETENSI INTI
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.                 KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.9.1 menemukan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga secara lisan dan tulis
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.
4.9.1 Melatih kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri dan keluarga


PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.1 Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2.1 menjelaskan aturan-aturan yang terdapat dirumah

SBDP
Kompetensi Dasar
Indikator
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
3.2.1 Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia
4.2  Menirukan elemen musik melalui lagu.
4.2.1 menyesuaikan elemen musik melalui lagu.


C.                TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui kartu gambar, peserta didik dapat menemukan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga secara lisan dan tulis dengan baik dan benar
2.
Melalui permainan, peserta didik dapat melatih kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri dan keluarga dengan baik dan benar
3.
Melalui tanya jawab, peserta didik menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah dengan baik dan benar
4.
Melalui kegiatan identifikasi gambar, peserta didik dapat menjelaskan aturan-aturan yang terdapat dirumah dengan baik dan benar
5.
Melalui lagu, peserta didik mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia dengan baik
6.
Melalui lagu, peserta didik dapat menyesuaikan elemen musik melalui lagu  dengan benar


D.                MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
1.      Kosakata perkenalan
2.      Tata cara berkenalan
3.      Memperkenalkan anggota keluarga
PPKn
1.      Aturan-aturan dalam rumah (salam saat masuk dan keluar rumah)

E.                 PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Scientific
Metode                              : tanya jawab, permainan, bernyanyi, ceramah, penugasan

F.                 MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Gambar
2.      bola
G.                SUMBER BELAJAR
1.      Hendrifiana, Y, dkk. (2017). Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas 1. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Hal. 4-8)
2.      Hendrifiana, Y, dkk. (2017). Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Peserta didik SD/MI Kelas 1. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (hal. 2-8)

H.                KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
literasi
10 menit
pendahuluan
1.      Peserta didik berbaris dengan rapi
2.      Guru menanyakan kabar kepada peserta didik
3.      Peserta didik berdoa dengan membaca Q.S. Al-Fatihah dipimpin oleh seorang peserta didik
4.      Peserta didik menyanyikan lagu “Indonesia Raya”
5.      Peserta didik dicek kehadirannya dengan cara  menyebutkan teman di samping kiri, belakang, kanan, atau kirinya dapat dibantu dengan lagu siapa namamu
6.      Guru mengingatkan kembali pembelajaran sebelumnya
7.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran
8.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang lagkah-langkah pembelajaran
15 menit
Inti 1
1.      Peserta didik mengamati gambar seorang anak mecium tangan keduaorag tua
2.      Peserta didik mengidentifikasi gambar tersebut
3.      Peserta didik bersama guru bertanya jawab tentang sikap aturan-aturan di dalam rumah
4.      Peserta didik bersama guru bertanya jawab tentang sikap aturan-aturan di dalam sekolah  
5.      Peserta didik mengamati sebuah gambar foto keluarga
6.      Peserta didik memperkenalkan anggota keluarganya di depan kelas dengan bimbinan guru
70 menit
Inti 2
1.      Peserta didik mengamati gambar pekenalan
2.      peserta didik mengidentifkasi kosakata ungkapan perkenalan diri
3.      peserta didik  diperkenal lagu “siapa namamu?”
4.      peserta didik bersama guru bernyanyi “siapa namamu” hingga hafal
5.      Peserta didik  dijelaskan permainan bola tangkap
6.      Peserta didik melakukan permainan bola tangkap. Peserta didik yang menangkap bola harus memperkenalkan namanya diiringi lagu “siapa namamu?”
70 menit
penutup
1.      Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran.
a.       Tata cara sopan santun di dalam rumah dan di sekolah
b.      Tata cara berkenalan dan ingat kembali nama teman disamping
2.      Setiap peserta didik mengerjakan soal evaluasi yang diberikan guru secara individu.
3.      Guru memeriksa hasil pengerjaan peserta didik.
4.      Guru menutup pembelajaran, dengan memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah.
5.      Peserta didik diajak mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a
15 menit





I.                   PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.      Teknik penilaian
a.       Penilaian Sikap                 : Observasi
b.      Penilaian Pengetahuan      : Tes tulis
c.       Penilaian Keterampilan     : Unjuk kerja
2.      Instrumen penilaian
a.      Sikap                                 : format obsrvasi dan rubrik
b.      Pengetahuan                      : pilihan ganda dan isian singkat
c.       Keterampilan                     : format observasi dan rubrik
Refleksi guru
 
 





Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP. …………………………….
Bogor, ..................................
Guru Kelas I



_________________________
NIP. …………………………….

Comments

In Our Opinion and Learning