Tema : 1 Subtema : 1. Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran : 5


Tema                  : 1
Subtema            : 1. Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran   : 5

Muatan Pelajaran:
A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru 
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca]dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
2.1  Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

BAHASA INDONESIA
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun

PJOK
3.1 Memahami  variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

C.    INDIKATOR
PPKn
2.1.3 Melaksanakan penerapan sila ketiga Pancasila di Rumah
3.1.6 Menentukan pengamalan sila Tiga Pancasila yang sesuai dengan teks cerita
3.1.7 Menentukan pengamalan sila ketiga Pancasila yang sesuai di rumah
4.1.3 Mempraktikkan sila ketiga Pancasila di rumah
4.1.4 Membuat jadwal kegiatan di rumah yang berkaitan dengan sila ke tiga Pancasila


BAHASA INDONESIA
3.1.3 Menyebutkan beberapa ungkapan.
3.1.4 Menjelaskan arti dari beberapa ungkapan.
4.1.4 Memasangkan ungkapan dengan maknanya.
4.1.5 Melafalkan ungkapan dengan maknanya.

PJOK
3.1.1 Menyebutkan gerak dasar lokomotor
3.1.2 Menjelaskan gerak dasar lokomotor
4.1.1 Menirukan gerak dasar lokomotor
4.1.2 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui unjuk kerja, siswa dapat melaksanakan penerapan sila ketiga Pancasila di rumah dengan baik.
2.      Melalui diskusi siswa dapat, menentukan pengamalan sila Tiga Pancasila yang sesuai dengan teks cerita dengan benar.
3.      Melalui diskusi siswa dapat, menentukan pengamalan sila ketiga Pancasila yang sesuai di rumah dengan benar.
4.      Melalui unjuk kerja siswa dapat, mempraktikkan sila ketiga Pancasila di rumah dengan baik.
5.      Melalui unjuk kerja siswa dapat, membuat jadwal kegiatan di rumah yang berkaitan dengan sila ke tiga Pancasila dengan baik.
6.      Melalui permainan siswa dapat, menyebutkan 5  ungkapan dengan benar.
7.      Melalui permainan siswa dapat, menjelaskan arti dari 5 ungkapan dengan tepat.
8.      Melalui media kartu ungkapan siswa dapat, memasangkan 5 ungkapan dengan maknanya dengan tepat.
9.      Melalui media kartu ungkapan siswa dapat, melafalkan 5 ungkapan dengan maknanya dengan benar.
10.  Melalui demonstrasi siswa dapat, menyebutkan gerak dasar lokomotor dengan benar.
11.  Melalui demonstrasi siswa dapat, menjelaskan gerak dasar lokomotor dengan benar.
12.  Melalui demonstrasi siswa dapat, menirukan gerak dasar lokomotor dengan benar
13.  Melalui demonstrasi siswa dapat, mempraktikkan gerak dasar lokomotor dengan baik.

 Untuk lebih lanjutnya silahkan download di bawah ini





 

Comments

In Our Opinion and Learning