Tema :
1. Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Subtema : 1. Perkembangbiakan
dan Daur Hidup Hewan
Pembelajaran :
6
A. Kompetensi
Inti
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi
dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat
hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
4.1 Menyajikan
hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan
sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan
kalimat efektif.
PPKn
3.1
Memahami arti gambar
pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1
Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda
Pancasila”.
Matematika
3.1
Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1
Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan
cacah.
C. Indikator
Bahasa Indonesia
3.3.13 Mengidentifikasi cara
berkembangbiak hewan.
3.3.14 Mengelompokkan hewan berdasarkan cara
berkembangbiaknya.
4.3.13
Menuliskan
cerita tentang perkembangbiakan hewan.
4.3.14
Menjelaskan perkembangbiakan hewan
PPKn
3.1.1 Mengidentifikasi contoh sikap pengamalan sila pertama Pancasila.
3.1.2 Menjelaskan makna simbol sila pertama Pancasila.
3.1.3 Mengidentifkasi perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila pertama
Pancasila.
4.1.1 Menunjukan penerapan sila pertama pada Pancasila.
4.1.2
Menceritakan perilaku
di sekitar rumah tentang pengamalan sila pertama
Pancasila.
Matematika
3.1.7 Mengidentifikasi
nilai tempat bilangan.
3.1.8 Menentukan nilai tempat bilangan.
4.1.7
Menunjukkan nilai tempat bilangan.
4.1.8
Menyelesaikan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan nilai tempat bilangan
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui
diskusi siswa dapat, mengidentifikasi cara berkembangbiak hewan
dengan
benar.
2. Melalui
pengamatan siswa dapat, mengelompokkan
hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya dengan baik.
3. Melalui
penugasan siswa dapat, menuliskan
cerita tentang perkembangbiakan hewan dengan tepat.
4. Melalui
unjuk kerja siswa dapat, menjelaskan perkembangbiakan hewan dengan benar.
5.
Melalui diskusi siswa dapat, mengidentifikasi
nilai tempat bilangan dengan
benar.
6. Melalui
permainan siswa dapat, menentukan nilai tempat bilangan dengan tepat.
7. Melalui
unjuk kerja siswa dapat, menunjukkan nilai tempat bilangan dengan tepat.
8.
Melalui unjuk kerja siswa dapat, menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan nilai
tempat bilangan dengan tepat.
E. Materi
Pembelajaran
1. Bahasa
Indonesia
Kosakata
perkembangbiakan
hewan.
2. PPKn
Hak
dan kewajiban.
3.
Matematika
Lambang
bilangan cacah
Untuk selengkapnya silahkan download di bawah ini!
Comments
Post a Comment