TOPIK 3 Aksi Nyata Perspektoif Sosiokultural

Nama : Risna Sri Wahyuni
NPM  : 039223348

Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi dan Politik Dalam Pembelajaran

1. Pemikiran Sebelum pembelajaran
Pada pembelajaran sebelumnya saya memahami bagaimana metode yang digunakan dalam pembelajaranmyang memperhatikan perspektif sosiokultural pada peserta didik. 

2. Konsep yang dipelajari pada topik 3 
Saya mempelajari konsep, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mengedepankan dari perspektif sosiokultural pada peserta didik. Pendekatan tersebut saya pelajari dari beberapa teori dan ilmuwan/ahli yang memaparkan mengenai konsep serta pendekatan yang dapat dilakukan dalam menerapkan pembelajaran pada kondisi perspektif sosiokultural yang berbeda pada peserta didik.

3. Kolaborasi bersama teman di topik 3
Saya mengetahui bagaimana setiap perspektif dari rekan kelompok mengenai perspektif sosiokultural seperti budaya, sosial, ekonomi dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses pendidikan serta bagaimana kesiapan dari masing-masing kelompok dalam menerapkan pendekatan, metode, dan teknik dalam perspektif sosiokultural pada peserta didik.

4. Peran demonstrasi kontekstual dalam kelompok
Menerima pendapat dari masing-masing kelompok, menemukan persamaan dan perbedaan
pendapat mengenai penerapan metode perspektif sosiokultural pada pembelajaran sehingga mendapatkan pemahaman baru dari teman-teman kelompok dan menambah pengetahuan kami sebagai pendidik.

5. Pemahaman baru dalam topik 3
Pemahaman baru yang di dapatkan mengenai pendekatan, metode, yang menerapkan perspektif sosiokultural dari peserta didik. Yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah mengenai berbagai pandangan dari perspektif sosiokultural terhadap penerapannya pada layanan peserta didik di sekolah.

6. Koneksi antar materi
Yang saya pelajari dari koneksi antar materi topik 3 dengan matkul lain adalah pada pemahaman peserta didik, filosofi pendidikan, serta asesmen, saya merasa mata kuliah ini saling berkaitan satu sama lain, dan semakin di pelajari semakin memiliki konsep yang berkaitan satu sama lain.

7. Refleksi topik 3
Manfaat pembelajaran ini, untuk kesiapan sebagai guru sebagai seorang pendidik mampu untuk memahami setiap peserta didik dari setiap perspektif sosiokulturnya sehingga dalam penerapan metode pembelajaran guru dapat menyesuaikan serta menerapkan pendekatan yang sesuai dengan peserta didik yang memiliki keberagaman. Yang perlu dipersiapkan lebih lanjut untuk menerapkan dengan optimal adalah dengan mencari berbagai referensi dan bersosialisasi dengan akrab pada peserta didik sehingga mampu memahami peserta didik dengan baik.

Comments

In Our Opinion and Learning