01.02.3-T4-6 Topik 4 Elaborasi Pemahaman Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran

 Nama : Risna Sri Wahyuni

NPM   039223348

01.02.3-T4-6 

Elaborasi Pemahaman

  1. Bagaimana menumbuhkan karakter disiplin positif bagi peserta didik tanpa menggunakan pujian dan hukuman?

Jawaban

Cara menumbuhkan karakter disiplin positif peserta didik tanpa menggunakan pujian dan hukuman yaitu dengan cara guru mencontohkan terlebih dahulu tentang kedisiplinan seperti datang ke sekolah tepat waktu dan tanggung jawab karena peserta didik akan melihat contoh kepada guru terlebih dahulu. Selain itu, guru memberikan penguatan kepada peserta didik tentang pembentukan karakter disiplin positif seperti melibatkan peserta didik dalam membuat aturan kelas dan datang ke sekolah tepat waktu.

  1. Seberapa besar pengaruh disiplin positif terhadap terciptanya lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik? Jelaskan.

Jawaban

Pengaruh disiplin positif terhadap terciptanya lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik sangat signifikan. Disiplin positif bukan hanya sekadar mengandalkan hukuman, melainkan mengarah pada pembentukan perilaku yang diinginkan melalui penguatan positif, pemahaman, dan pembelajaran dari kesalahan. Dengan menerapkan pendekatan ini, guru mampu membangun hubungan positif dengan Peserta didik, menciptakan keamanan emosional di kelas. Peserta didik merasa didukung dan dihargai, sehingga lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

  1. Bagaimana membangun lingkungan belajar yang aman dan nyaman dengan melibatkan guru, keluarga, dan masyarakat dalam menumbuhkan karakter disiplin positif bagi peserta didik?

Jawaban

Cara membangun lingkungan belajar yang aman dan nyaman dengan melibatkan guru, keluarga dan masyarakat dalam menumbuhkan karakteristik disiplin yaitu dengan komunikasi terbuka dan berkolaborasi  melalui pertemuan reguler dan kegiatan diskusi yang melibatkan semua pihak. selanjutnya, partisipasi keluarga dalam pendidikan dapat ditingkatkan melalui pertemuan orangtua-guru, workshop, dan kegiatan kelas terbuka, meningkatkan keterlibatan keluarga dalam proses pendidikan anak-anak mereka. Pembentukan aturan bersama melibatkan Peserta didik, guru, keluarga, dan masyarakat dalam menentukan norma-norma perilaku yang diinginkan, memberikan rasa memiliki dan tanggung jawab bersama. Program pelatihan bagi guru dan orangtua mengenai disiplin positif dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mendukung perkembangan karakter Peserta didik. Penguatan positif bersama menciptakan konsistensi dalam pendekatan penguatan positif di sekolah dan di rumah.


Comments

In Our Opinion and Learning